Senin, 05 Oktober 2009

TOURETTE SYNDROME

Bayangkan jika kamu tidak bisa mengkontrol tubuhmu, itulah yang dialami oleh “Riska” (Nama samaran) seorang remaja berumur 13 tahun yang menderita tourette syndrome. Berikut ini adalah hasil observasi saya.


Sebenarnya apakah penyakit tourette syndrome itu?

Tourette Syndrome (TS) merupakan kerusakan kimia dalam otak yang menyebabkan gerakan impulsif yang berulang-ulang dan suara yang biasa disebut dengan “tic”.Kamu benar-benar tidak bisa mengkontrol tic untuk waktu yang lama.Kamu hanya dapat berhenti untuk sementara waktu, tapi setelah itu kamu akan melakukannya lagi.


Kapan pertama kali kamu mengetahui kalau kamu mengidap penyakit TS ? Dan apa saja gejala-gejalanya?

Aku telah didiagnosa mengidap TS setelah ulang tahunku yang ke-11 tahun, walaupun gejala awalnya berawal ketika aku berumur 5 atau 6 tahun. Aku merasakan tic yang berkelanjutan yang membuatku berkedip dan memuta-mutarkan mataku. Ibu membawaku ke optometris, yang mengatakan mataku baik-baik saja, tetapi dalam beberapa tahun, aku juga memulai membuat suara-suara ditenggorokan dan memainkan muka. Gerakan kepala tanpa sadar dan dilanjutkan dengan lengan dan gerakan kaki. Aku pergi ke seorang psikolog karena orangtuaku berfikir mungkin aku mengidap penyakit ini dari kegelisahan, tapi kemudian ibuku menemukan seorang dokter otak yang bagus, setelah menjalani banyak sekali tes,dipastikan aku mengidap TS. Aku juga sudah didiagnosa dengan kegelisahan dan aku mempunyai tekanan atau keharusan,seperti sesuatu yang harus dikerjakan dalam waktu yang singkat.


Apakah Tic itu berubah-ubah terus setiap waktu?

Ya,sekarang tic aku termasuk mengangguk-anggukan kepala, mengerakkan mata dan menggetarkan lengan tangan,memelintir/memutar leher,mengeluarkan suara lewat tenggorokan seperti orang mendengkur,melambaikan tangan di udara (seperti terbang) dan memulainya dengan ekspresi yang kosong/tanpa ekspresi.Tetapi,setiap bulan,ticnya berubah.


Apakah penyebab awal dari penyakit TS ini?

Banyak orang berasumsi bahwa mengidap TS semuanya karena bersumpah.Mungkin karena cerita dalam sebuah film.Tapi hanya 1% dari pengidap TS yang mengalami pengalaman seperti itu.


Bagaimana sikap teman-teman dan orang disekitarmu?

Aku biasa dipanggil dengan si “gugup” dan “aneh”.Ketika tic kambuh semua orang menjauhi aku.


Apa yang ibumu lakukan setelah ia tahu bahwa kamu sering diejek teman?

Kadang-kadang ibuku yang seorang perawat psikiater,datang kesekolahku dan berbicara tentang TS dan penyakit mental lainnya untuk bisa membantuku dari penggoda/pengusik.Temanku selalu menjauhi aku juga terkadang aku mencoba untuk membuat tic terlihat seperti bagian dari efek yang sedang aku kerjakan sepertinya mudah menyembunyikan kepalaku ketika aku bernyanyi karena orang berpikir aku sedang menikmati musik! Aku belum melatih beberapa dari tic-ku(seperti menggoyangkan tangan).Terkadang orang menatap,tapi kebanyakan mereka hanya memandang sekilas,lalu selanjutnya terserah apa yang mereka katakan.


Sudah berapa banyak jenis pengobatan yang pernah kamu coba?

Aku sudah mencoba banyak pengobatan yang berbeda-beda untuk penyaki TS-ku ini.Walaupun beberapa ampuh juga,mereka mempunyai sisi yang mengganggu/menjengkelkan seperti bertambahnya berat badan dan pola tidur yang sulit.Aku tidak menjalani beberapa pengobatan sekarang,tapi aku pergi ke seorang psikolog yang membantu aku untuk mencoba mengurangi kegelisahan dan amarah. Namun tic-ku melemah ketika aku dalam keadaan santai.


Apakah keluaragmu membantu kamu untuk sembuh dari penyakit ini?

Keluargaku sangat membantu.Mereka tetap melihatku sebagai diriku sendiri bukan orang lain/orang aneh,tapi aku tidak dapat menyalahkan TS-ku untuk keluar dari masalah,orangtuaku tidak akan menerima itu.


Apakah kamu mempunyai kakak/adik?bagaimana reaksinya setelah ia tahu bahwa kamu mengidap TS?

Iya,Aku mempunyai 1 orang adik perempuan sebut saja Tasya. Ia kadang-kadang menggodaku. Namun, walau terkadang aku kesal dengan ulahnya tapi aku tetap sayang sama adikku.


Apakah penyakit ini bisa disembuhkan?

Banyak orang menemukan tic mereka sembuh pada umur 20tahun.Aku berharap itu akan terjadi padaku juga.
Aku ingin bisa pergi ke universitas,menikah,mempunyai anak dan menikmati hidupku. Aku juga ingin orang tahu bahwa seseorang yang mengidap TS itu tidaklah aneh.

1 komentar:

  1. tidak aneh kok.. hanya org2 indonesia yg banyak blm paham ttg TS.. smg km saat ini sudah tdk ada TS lagi yaa.. semangat terus...

    BalasHapus