Jumat, 23 Maret 2012

MACAM-MACAM SITUS LOWONGAN PEKERJAAN


Buat para pencari kerja, informasi mengenai lowongan pekerjaan merupakan hal yang sangat penting. Di sisi lain, bagi para penyedia kerja, informasi mengenai tenaga kerja yang tersediapun merupakan hal yang sangat penting. Karena tentunya, para penyedia kerjapun ingin mendapatkan kandidat terbaik untuk ditempatkan di posisi tersebut, maka dari itu proses pencarian kadidat pun seringkali menjadi suatu petualangan yang meletihkan baik bagi para pencari maupun penyedia kerja.

Atas dasar kebutuhan inilah kemudian, dengan memanfaatkan teknologi internet yang menghapuskan batasan-batasan fisik, bermunculanlah situs-situs terkait lowongan kerja, dengan tujuan utama mempertemukan atara para pencari kerja dengan para pemberi kerja. Disini saya akan mencoba mengulas beberapa situs lowongan kerja yang ada di Indonesia.

1.      Jobsdb
Situs lowongan kerja yang satu ini sudah sangat familiar di telinga para jobseeker (pencari kerja). Situs ini termasuk situs lowongan kerja terbesar di south east asia. Disini anda bisa mencari lowongan kerja yang ada di berbagai negara, seperti Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan China. Pada saat awal anda membuka situs ini akan terlihat seperti tampilan di bawah ini. Anda bisa memilih bahasa yang ingin anda gunakan untuk mencari lowongan pekerjaan.




Setelah anda memilih bahasa yang anda inginkan maka anda akan masuk ke halaman awal situs seperti di bawah ini.



Jika anda belum mempunyai akun di situs ini maka anda diharuskan untuk daftar terlebih dahulu, caranya tidak sulit. Pilih menu daftar di pojok kanan atas maka anda akan masuk ke tampilan seperti di bawah ini.



Setelah selesai mendaftar, anda bisa langsung mengupload CV atau resume bila sudah memiliki CV atau membuat CV langsung melalui situs ini dengan cara seperti berikut. Anda bisa mengupload 10 CV sekaligus.



Dibawah ini adalah contoh beberapa lowongan pekerjaan.


Di situs ini juga terdapat beberapa fitur tambahan seperti :
·         Artikel
Berisi tentang tips-tips atau informasi seputar dunia pekerjaan.


·         Learning
Berisi seputar pelatihan dan pengembangan professional dan fresh graduate.



KESIMPULAN
Secara keseluruhan situs ini sudah sangat bagus. Namun dalam penggunaannya sedikit rumit atau tidak user friendly dan tidak adanya fitur success story atau testimonial dari beberapa orang yang sudah berhasil mendapatkan pekerjaan melalui situs ini.

2.      Jobstreet


Gambar di atas adalah tampilan awal situs jobstreet, sama seperti situs jobsdb, disini anda juga bisa memilih negara mana yang anda minati. Setelah memilih negara yang diinginkan maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.


Jika sudah memiliki akun, anda bisa langsung masuk ke akun anda dengan mengklik login yang ada di pojok kanan atas atau jika belum memiliki akun maka klik sign up untuk mendaftar.



Setelah mengisi semua persyaratan di atas, anda bisa langsung mencari pekerjaan yang diinginkan dengan memasukan kata kunci atau keyword pekerjaan, lokasi pekerjaan yang diinginkan, jenis pekerjaan dan posisi pekerjaan.


Tampilan jenis-jenis pekerjaan dalam situs jobstreet.


                  Pada situs ini terdapat kolom testimonial atau success stories dari para jobseeker yang sudah berhasil mendapat pekerjaan dari situs ini.




KESIMPULAN
Menurut saya secara keseluruhan situs ini memiliki fitur yang lebih baik dibandingkan situs sebelumnya  seperti "Jobs others like you have applied for" dan "Jobs with low application submission". Yang pertama menginformasikan lowongan apa sajakah yang menjadi favorit diantara para pencari kerja dengan kualifikasi yang setara anda.Sedangkan yang kedua, yaitu sebaliknya, menginformasikan lowongan apa sajakah yang cukup sesuai dengan karakter diri anda, tapi hanya sedikit yang berminat. Informasi ini penting karena logikanya, semakin sedikit saingan, maka semakin besar juga kemungkinan anda dipertimbangkan untuk mengisi posisi tersebut. Walaupun situs ini masih kalah pamor dibandingkan dengan Jobsdb namun dalam penggunaannya situs ini jauh lebih mudah untuk digunakan atau user friendly.

3.      Karir.com
Situs lowongan pekerjaan yang satu ini memang kalah tenar dibanding dua situs sebelumnya. Seperti namanya situs ini memang made in Indonesia dan hanya menampilkan lowongan pekerjaan yang ada di Indonesia.
Tampilan awal
Tampilan pada saat melakukan registrasi atau mendaftar



Tampilan jenis-jenis pekerjaan yang ada


Tampilan testimonial





KESIMPULAN
Secara keseluruhan situs ini sudah baik namun karena pangsa pasarnya hanya wilayah Indonesia jadi data lowongan pekerjaan yang ada sangat minim dan tampilannya masih konvensional atau ketinggalan jaman. Namun kelebihan dari situs ini adalah adanya informasi mengenai beasiswa untuk melanjutkan pendidikan baik dari dalam maupun luar negeri.

KESIMPULAN KESELURUHAN
Ketiga situs lowongan pekerjaan diatas hanyalah beberapa contoh dari maraknya berbagai situs lowongan pekerjaan yang ada di internet khususnya Indonesia. Walaupun masing-masing situs memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda namun setiap situs memiliki tujuan yang sama yaitu mempertemukan antara para pencari kerja dan para pencari tenaga kerja atau pemberi kerja. Semoga sumber-sumber atau situs diatas dapat membantu anda dalam mendapatkan pekerjaan yang anda impikan selama ini. Sekian dan terima kasih.

12 komentar:

  1. sangat lengkap info nya..
    :)

    BalasHapus
  2. selain situs situs diatas masih banyak pula yang lainnya ,tapi dengan informasi yang anda berikan saya rasa sangat cukup membantu bagi para jobseeker yg masih awam/baru akan situs lowongan pekerjaan online. Step-stepnya jelas dan Kesimpulannya pun membantu saya memahami +/- dr masing2 situs nya :)
    Good Job... <3

    BalasHapus
  3. Menurut anda sendiri situs pekerjaan apa yang paling akurat dalam pemberian informasi mengenai lowongan pekerjaan?

    terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebetulan saya sudah lama menjadi member jobsdb dan jobstreet. menurut saya jobstreetlah yg terbaik. karena job alert yg saya dapat melalui email sangat up to date dan cepat responnya. Terima kasih yuli :)

      Hapus
  4. Wahh. . penjelasannya sangat menarik nia, membantu sekali :)
    diantara ketiga web diatas ada satu web yang anda katakan bahwa dalam web itu "data lowongan pekerjaan yang ada sangat minim dan tampilannya masih konvensional atau ketinggalan jaman", apakah itu merupakah salah satu kekurangan web tersebut ?? jika hal itu merupakan kekurangan, fatalkah kekurangan itu ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih ratih :)
      iya itu merupakan salah satu kekurangan dari situs karir.com,selain cakupannya hanya negara indonesia,tampilannya sangat monoton dan terkesan kaku. menurut saya design suatu website atau situs amat sangat berpengaruh,karena jika tampilannya kurang menarik maka orangpun cenderung mudah jenuh apalagi jika dalam penggunaannya agak rumit atau tidak user friendly. semoga cukup jelas penjelasan dari saya.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  5. Menarik sekali informasinya :)
    Menurut kamu, apa kekurangan dari masing-masing web lowongan kerja yang kamu tulis itu?

    BalasHapus
  6. Mau nambahin boleh ya bos.... satu lagi situs lowongan kerja paling update, berbahasa indonesia, ringan di loading ada tips dan trik lowongan kerja, kunjungi aja SILOKER, Situs Lowongan Kerja di alamat http://siloker.blogspot.com

    Salam kenal..

    BalasHapus
  7. Salam kenal
    mau ijin nambahin ada lagi yang cukup bagus, jaringannya kuat antar kampus di jawa timur dan perbatasannya. yaitu:

    www.boxkerja.com

    mungkin saja bermanfaat
    terima kasih

    BalasHapus