Senin, 14 Mei 2012

Pekerjaan Di Bidang Psikologi Yang Menggunakan Komputer Sebagai Media/Alat Utama


Psikologi adalah salah satu cabang ilmu yang cukup banyak diminati di era sekarang ini. Karena psikologi mempelajari perilaku manusia maka selagi masih ada manusia di muka bumi ini, lapangan pekerjaan bagi lulusan psikologipun sangat banyak dan luas cakupannya. Kali ini saya akan membahas jenis-jenis pekerjaan bagi lulusan psikologi yang menggunakan komputer sebagai sarananya.

1.      Human Resources Officer (HRO)
Human resources department (HRD) adalah salah satu bagian atau divisi terpenting dalam suatu perusahaan. Karena disinilah para karyawan di rekrut, melalui berbagai macam proses seleksi dan tes psikologi. HRO menggunakan komputer sebagai media atau sarana untuk mempermudah memasukan data calon karyawan dan mengolah data hasil tes calon karyawannya.

2.      Agen Asuransi
Mungkin pekerjaan yang satu ini terdengar asing atau aneh bagi anda. Para lulusan psikologi mempunyai kemampuan untuk memahami tentang isu-isu yang berkaitan dengan kematian, kesehatan, dan berurusan dengan klien-klien yang mengalami stress atau depresi. Maka dari itu lulusan psikologi sangat mampu untuk bekerja menjadi agen asuransi. Agen asuransi menggunakan computer sebagai sarana untuk memasukan data para customernya, mengkalkulasi finansial customer seperti menghitung jumlah premi atau iuran perbulan, menghitung jumlah bunga, menentukan tenggat waktu, dan akumulasi dana. Semua itu dilakukan secara komputerisasi untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam entry data dan estimasi waktu dan dana para customer serta lebih cepat dalam waktu pengerjaannya. Sehingga pekerjaan dilakukan secara lebih efektif dan efisien.

3.      Analis Penelitian Pangsa Pasar
Lulusan psikologi juga sangat pandai berhitung. Mereka dilatih untuk menginterpretasikan ringkasan data dan memahami pernyataan probabilitas, akrab dengan berbagai prosedur statistik dan prosesnya. Ketika dihadapkan dengan informasi numerik. Sebagai market research analyst tugas anda adalah menganalisis data untuk mengevaluasi kebutuhan dan tanggapan dari konsumen untuk suatu produk. Dengan informasi yang ada, dan kemampuan dalam berkomunikasi sehingga anda dapat membantu mereka untuk lebih memahami pangsa pasar. Seiring perkembangan teknologi, pada era sekarang para analis sudah tidak menanyakan para customer secara langsung face to face atau dengan memberikan selembaran kuesioner. Hal ini akan sangat menyita waktu yang cukup lama dan melelahkan tentunya karena banyaknya jumlah konsumen atau calon konsumen. Maka dari digunakan computer melalui jaringan internet. Para analis hanya harus menyebar survey online kepada calon konsumen atau konsumennya dan data atau jawaban para konsumen akan tersimpan secara otomatis. Selanjutnya analis hanya tinggal menganalisis dan mengevaluasi kebutuhan para konsumen dengan menggunakan prosedur statistik.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar