Psikologi
adalah salah satu cabang ilmu yang cukup banyak diminati di era sekarang ini.
Karena psikologi mempelajari perilaku manusia maka selagi masih ada manusia di
muka bumi ini, lapangan pekerjaan bagi lulusan psikologipun sangat banyak dan
luas cakupannya. Kali ini saya akan membahas jenis-jenis pekerjaan bagi lulusan
psikologi yang menggunakan komputer sebagai sarananya.
1. Human
Resources Officer (HRO)
Human
resources department (HRD) adalah salah satu bagian atau divisi terpenting
dalam suatu perusahaan. Karena disinilah para karyawan di rekrut, melalui
berbagai macam proses seleksi dan tes psikologi. HRO menggunakan komputer
sebagai media atau sarana untuk mempermudah memasukan data calon karyawan dan mengolah
data hasil tes calon karyawannya.
2. Agen
Asuransi
Mungkin
pekerjaan yang satu ini terdengar asing atau aneh bagi anda. Para lulusan
psikologi mempunyai kemampuan untuk memahami tentang isu-isu yang berkaitan
dengan kematian, kesehatan, dan berurusan dengan klien-klien yang mengalami
stress atau depresi. Maka dari itu lulusan psikologi sangat mampu untuk bekerja
menjadi agen asuransi. Agen asuransi menggunakan computer sebagai sarana untuk
memasukan data para customernya, mengkalkulasi finansial customer seperti
menghitung jumlah premi atau iuran perbulan, menghitung jumlah bunga,
menentukan tenggat waktu, dan akumulasi dana. Semua itu dilakukan secara
komputerisasi untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam entry data dan
estimasi waktu dan dana para customer serta lebih cepat dalam waktu pengerjaannya.
Sehingga pekerjaan dilakukan secara lebih efektif dan efisien.
3. Analis
Penelitian Pangsa Pasar
Lulusan
psikologi juga sangat pandai berhitung. Mereka dilatih untuk
menginterpretasikan ringkasan data dan memahami pernyataan probabilitas, akrab
dengan berbagai prosedur statistik dan prosesnya. Ketika dihadapkan dengan
informasi numerik. Sebagai market research analyst tugas anda adalah
menganalisis data untuk mengevaluasi kebutuhan dan tanggapan dari konsumen
untuk suatu produk. Dengan informasi yang ada, dan kemampuan dalam berkomunikasi
sehingga anda dapat membantu mereka untuk lebih memahami pangsa pasar. Seiring
perkembangan teknologi, pada era sekarang para analis sudah tidak menanyakan
para customer secara langsung face to face atau dengan memberikan selembaran
kuesioner. Hal ini akan sangat menyita waktu yang cukup lama dan melelahkan
tentunya karena banyaknya jumlah konsumen atau calon konsumen. Maka dari
digunakan computer melalui jaringan internet. Para analis hanya harus menyebar
survey online kepada calon konsumen atau konsumennya dan data atau jawaban para
konsumen akan tersimpan secara otomatis. Selanjutnya analis hanya tinggal
menganalisis dan mengevaluasi kebutuhan para konsumen dengan menggunakan
prosedur statistik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar