Jumat, 18 Desember 2009

KETAKUTAN AKAN SAKIT (Emetophobia)

Emetophobia (kadang-kadang dikenal sebagai emetephobia, phagaphobia atau vimitaphobia) adalah irasional dan intens takut sakit. Hal ini sebenarnya keenam fobia yang paling umum di Inggris. Muntah bukanlah pengalaman yang menyenangkan bagi tiap orang tetapi bagi sebagian orang yang menderita emetophobia ,muntah benar-benar merupakan hal yang menakutkan. Banyak penderita menemukan emetophobia benar-benar mengatur hidup mereka.Mereka tidak mampu makan di restoran atau bahkan makan sosial sama sekali. Mereka menghindari tempat atau situasi di mana terdapat kemungkinan baik diri sendiri atau orang lain yang sakit. Memikirkan menjadi sakit, bahkan kata-kata tertulis, dapat menyebabkan kepanikan dan stres buat mereka.

Emetophobics cenderung untuk mengidentifikasi muntah dengan kotoran dan kuman dan dapat obsesif tentang kebersihan dan juga akan menghindari tempat-tempat seperti toilet umum. Memang banyak penderita mungkin juga mengalami kesulitan dengan masalah-masalah terkait kebersihan lainnya. Mereka yang menderita dengan emetophobia sering keliru sebagai memiliki gangguan makan tertentu. Hal ini karena mereka cenderung makan sangat sedikit dan seperti yang telah kita bahas, jarang di depan umum. Emetophobia sering berhubungan dengan ketakutan lain seperti tersedak,tenggelam, kuman, rumah sakit dan fobia sosial.


Beberapa gejala emetophobia:

· Yang sangat kuat dan tak terkendali takut sakit, karena sakit di depan umum atau takut melihat orang lain muntah atau sakit.

· Melihat orang-orang dekat untuk melihat apakah mereka sakit, atau menunjukkan tanda-tanda penyakit.

· Menghindari makanan tertentu ke titik obsesi.

· Terobsesi tentang kuman dan kebersihan, terutama di dapur, tetapi juga di sekitar orang lain yang sakit.

· Membenci atau bahkan menghindari transportasi umum dalam kasus orang lain yang sakit.

· Merasa khawatir menjadi hamil karena 'morning sickness'.

· Membenci rumah sakit.

· Menjadi sangat selektif/teliti tentang tanggal kadaluwarsa makanan
Membenci perasaan 'lepas kendali'.

· Yang cukup 'obsesional' umumnya dalam kehidupan sering emetophobics benar-benar terpaku pada fobia mereka dan mendominasi pikiran mereka.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar